Fakta atau rekayasa Penampakan wajah serem di langit Gunung Kelud.


Letusan Gunung Kelud di Kediri Jawa Timur, sejak Kamis (13/2/2014) malam lalu masih berlanjut erupsinya hingga kini. Banyak foto-foto letusannya yang beredar di internet. Dari beberapa foto tersebut, ada foto unik yang membentuk penampakan-penampakan wajah dan lainnya. Dilansir merdeka.com, berikut di antaranya.

1. Wajah Bertanduk
Foto di sebelah adalah hasil jepretan warga sekitar saat terjadinya letusan Gunung Kelud. Tampak sebuah penampakan menyerupai wajah dengan tanduk di atas kepalanya yang terbentuk dari gabungan abu vulkanik serta kilat yang menyambar di sekitarnya. Tak hanya bertanduk, wajah ini juga tampak seperti menyeringai.

2.Wajah Raksasa
Foto unik ini adalah yang paling banyak beredar di Facebook saat ini. Abu vulkanik letusan Gunung Kelud memperlihatkan gambar mirip sebuah wajah manusia.

Walaupun ada beberapa orang yang mempercayainya, akan tetapi tidak sedikit yang mengatakan bahwa itu hanya editan saja.

3. Lafadz Allah
Menyusul foto wajah raksasa, juga beredar foto lafadz Allah yang terbentuk saat letusan abu vulkanik Gunung Kelud menyembur ke atas. Penampakan yang terbentuk dikarenakan pijar lava merah ini juga bisa tampak sebagai trisula (tombak bercabang tiga) yang sedang dipegang seseorang.


4. Wajah Iblis
Selain itu, di jejaring sosial Youtube juga beredar video yang menunjukkan dua penampakan berupa wajah yang diklaim oleh pengunggahnya sebagai wajah iblis.

Foto penampakan ini juga telah mendapatkan banyak komentar pengguna Youtube dari yang percaya hingga yang menyebutkan jika foto tersebut hanya hasil editan saja.
     
5. Wanita Bertopi
Foto terakhir tentang penampakan saat Gunung Kelud meletus adalah penampakan wajah wanita yang tampak mengenakan sesuatu di kepalanya, mirip topi. 

Foto ini beredar di salah satu Forum online terbesar di Indonesia dan disebut sebagai wajah menganga dengan mata besar.

Akan tetapi, secara ilmiah dan apabila tidak ada unsur edit foto, hal tersebut merupakan suatu hal yang wajar. Karena, ada suatu istilah yang dinamakan Pareidolia.

Merujuk tulisan di Wikipedia, Pareidolia adalah sebuah fenomena psikologis yang melibatkan stimulus samar-samar dan acak (seringkali sebuah gambar atau suara) yang dianggap penting. (*)


sumber;http://www.halloriau.com/read-hallo-indonesia-43688-2014-02-15-heboh-5-foto-penampakan-saat-gunung-kelud-meletus.html
jzk..... Lemdia.com (portalnya rakyat jelata) "Media lokal yang menggali dan mengangkat potensi masyarakat bawah"

Tidak ada komentar

Copyright © . Lemahireng Info All Right Reserved -
Diberdayakan oleh Blogger.