Beberapa Kejanggalan Website "Revolusimental" yang menelan biaya miliaran

Ditengah gonjang - ganjing nilai tukar Rupiah yang  ambruk terhadap Dolar sehingga tembus angka Rp 14.000 justru pihak pemerintah menghambur-hamburkan uang rakyat .Uang rakyat yang seharusnya digunakan untuk kesejahteraan rakyat malah dialokasikan ke proyek pembuatan website murahan yang sarat dengan proyek korupsi.Kehebohan website ini seakan ingin mengalihkan serangan berbagai pihak terkait anjloknya nilai tukar Rupiah. Namun sayang ,bukannya penghargaan yang didapatkan tetapi justru kecaman dan penghinaan terhadap keberadaan website  "revolusimental" ini. 

"REVOLUSI MENTAL" adalah slogan utama Jokowi sejak maju sebagai capres 2014. Dan setelah Jokowi terpilih sebagai Presiden RI ke-7 slogan Revolusi Mental direalisasikan dibawah koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) yang dipimpin puteri Ketua Umum PDIP, Puan Maharani.

Senin (24/8) kemarin, Menko Puan Maharani meluncurkan situs revolusi mental;www.revolusimental.go.id. yang akan menjadi corong utama Gerakan Nasional Revolusi Mental.

"Situs menyediakan dua hal bagi semua pihak, pemerintah, swasta dan masyarakat untuk memberikan saran, kritik dan masukan bagi Gerakan Nasional Revolusi Mental," kata Puan di kantornya, Senin (24/8) kemarin.

Pembuatan situs revolusimental.go.id banyak menuai kontroversi. Bahkan dikabarkan situs ini menelan biaya Rp 140 Miliar yang membuat heboh publik.

Mungkin karena antusiasme publik gegara heboh situs 140 Miliar, baru sehari diluncurkan situs revolusimental.go.id tidak bisa diakses.

Sampai pagi ini, Rabu (26/8) sampai pukul 06.55 WIB saat redaksi PIYUNGAN ONLINE membuka situs revolusimental.go.id situs tersebut masih belum bisa diakses. 


Mohon Maaf
Karena antusiasme masyarakat yang begitu tinggi, server mengalami overload.
Untuk itu, kami sedang dalam proses upgrade server.
Terima kasih untuk dukungan dan partisipasinya.
Admin
Salam Revolusi Mental !

Hanya tulisan berisi informasi overload dan permintaan maaf yang tertera di halaman depan situs.

Benarkah pembuatan situs revolusimental.go.id menelan biaya Rp 140 Miliar?

Menteri Puan mengaku tidak tahu pasti berapa besar dana negara yang diperuntukkan untuk website ini.

"Saya tak tahu pasti. Tapi ini lengkap, satu paket dengan pengelolaan, dengan tenaganya itu kita siapkan," ujar Puan, seperti dilansir liputan6.com.

Kalau ditelusuri, kemungkinan anggaran Rp 140 Miliar adalah total anggaran keseluruhan untuk Program Revolusi Mental, bukan hanya pembuatan website.

KOMPAS pada 27 Maret 2015 menurunkan berita dengan judul 

"Anggaran Rp 149 Miliar untuk Revolusi Mental Dipertanyakan".

Peneliti Indonesian Institute for Development and Democracy (Inded), Arif Susanto, mengatakan, pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla telah menganggarkan ratusan miliar di dalam APBN untuk anggaran revolusi mental. Namun, realisasi dari penggunaan anggaran itu hingga kini masih belum tampak.

"Rp 149 miliar untuk revolusi mental, apa yang sudah dihasilkan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan?" kata Arif saat diskusi bertajuk "Pak Jokowi: Rakyat Mulai Resah!" di Jakarta, Jumat (27/3/2015).

http://nasional.kompas.com/read/2015/03/27/20443141/Anggaran.Rp.149.Miliar.untuk.Revolusi.Mental.Dipertanyakan

Selain pembuatan website (yang baru sehari langsung error), Program dari Revolusi Mental lainnya diantaranya sosialisasi berupa pengadaan iklan, film, atau dialog publik. Kampanye atau sosialisasi juga bisa dilakukan melalui tokoh-tokoh agama. Program lainnya berupa penyusunan buku landasan Filosofis Revolusi Mental, buku Saku Revolusi Mental, penerbitan. Majalah Revolusi Mental serta Website Revolusi Mental yang diintegrasikan dengan media sosial.

http://nasional.kompas.com/read/2015/02/20/16452551/Andrinof.Paparkan.Penggunaan.Dana.Revolusi.Mental.Rp.149.Miliar

Pengelolaan dana Rp 149 Miliar dalam APBN 2015 berada di bawah Kementerian Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan yang dipimpin Puan Maharani.

Putri Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri itu mengharapkan, dengan adanya website Revolusi Mental dapat dijadikan sarana untuk saling bertukar informasi menggalang kerja sama dalam membangun Gerakan Nasional Revolusi Mental. Tujuannya untuk merevolusi mental karakter bangsa Indonesia.

Menurut Puan, website ini tentu punya kelebihan. Selain menghadirkan prosedur pelayanan ‎yang baik dan hemat biaya, kecepatan pelayanan yang disajikan website tersebut.

"Itu ukuran-ukuran bagaimana pelayanan publik itu meningkat dari ukuran pemerintah dan juga perilaku masyarakat dalam kesehariannya menjadi lebih baik. Misalnya tidak ada lagi yang melawan arus. Kemudian tak ada lagi perselisihan antaragama," ujar Puan.

Lepas dari itu semua, lanjut politikus PDIP ini, website revolusi mental ini juga akan terus update informasi-informasi tentang keteladanan dan cara-cara hidup berevolusi mental yang baik.

"Ada masalah perangkat hukum, model keteladanan, informasi soal revolusi mental. Pendapat-pendapat masyarakat, kemudian statemen tokoh nasional terkait revolusi mental," kata Puan, lansir Liputan6.
Sampai berita ini dibuat, belum ada informasi resmi dari Menko Puan terkait errornya website Revolusi Mental.

Kejanggalan Situs web Revolusimental





Seorang pegiat IT amatiran, Moris, membongkar jeroan website revolusimental.go.id. Berikut hasil temuan Moris yang dipublikasikan di halaman facebooknya: 
BREAKING NEWS
Seorang menteri dengan inisial Puan dikibulin pembuat website tanpa tahu bahwa dia dikibulin. Nah, bingung kan?

Anak SMP pun tahu kalo website RevolusiMental.GO.ID yang di luncurkan hari ini adalah website jadi2an. Website timed out terus, kode plagiat, dll.

Mari melihat data dari WHOIS 
(WHOIS.COM adalah suatu prosedur yang digunakan untuk mendapatkan data informasi domain tertentu seperti nama pemilik domain, ip address, name server dan umur domain, kapan domain ini di daftarkan dan kapan domain ini akan expired, dll):

Skrinsut no.1.
Domain baru dibuat pada 21-Aug-2015.
Masih ingat dengan kata2 saktinya pakdhe? Panggil programmer 2 minggu selesai.

Lalu inilah yang terjadi:

Skrinsut no.2.
Server ada di idwebhost. Shared hosting? wkwkwk..
(tentang: Shared hosting, VPS, Dedicated silakan googling..)

Anggaran ratusan milyar minimal di BizNet lah kalo hosting lokal.

Ini link harga betapa murahnya hosting di idwebhost:

https://idwebhost.com/Hosting_Web_Hosting

Skrinsut no.3.
Kode JS-nya hasil plagiat dari website Barrack Obama yang lupa dihapus, hehehe.. Artinya boleh dibilang ini adalah PENCURIAN SCRIPT!

Link-nya disini: http://www.revolusimental.go.id/gerakan/wp-content/themes/gnrm_main/js/monroe.js?ver=1.0

Perkiraan saya, anggaran membuat website seperti ini maksimal 5 juta saja. Bahkan, 1 juta pun jadi. Anggaran Revolusi Mental denger2 140 M.

Kalo websitenya di tenderkan ke saya sudah plus bonus 100 pasang sandal jepit untuk mesjid, hehehe..

Ini baru masalah sepele sudah gampang dikibulin, belum tentang rupiah yang semakin menguat..menguatirkan, ketahanan pangan & energi, dll. Tidak perlu di caci, mari didoakan saja. Ada yang bantah silakan, tp dengan data.

Jadi sekarang sudah paham kira2 siapa yang perlu di revolusi mental-nya lebih dulu?
 Sumber:piyungan

Tidak ada komentar

Copyright © . Lemahireng Info All Right Reserved -
Diberdayakan oleh Blogger.